Apa fungsi database pelanggan yang dikumpulkan oleh perusahaan? Apakah ini hanya akan mengendap di penyimpanan?
Ternyata tidak, database penting dalam nyaris semua proses pemasaran. Salah satunya untuk menentukan target pasar yang paling tepat dan sesuai.
Tujuan akhirnya adalah meningkatkan penjualan secara masif dan berkelanjutan.
Database pelanggan merupakan kumpulan data terstruktur dari target market suatu perusahaan. Dalam database ini berisi berbagai informasi sebagai pertimbangan menentukan arah gerak perusahaan ke depannya.
Semua sektor harus berkembang, dan salah satu pintu menuju perkembangan itu adalah penjualan atau marketing yang efektif dengan memanfaatkan database yang ada.
Penjualan yang efektif berarti optimal tidak hanya dari sisi konsumen, melainkan juga dari sisi produsen yang mempunyai manajemen database terstruktur.
Database Pelanggan Kunci Cara Meningkatkan Penjualan Modern
Setiap perusahaan pastinya memiliki strategi dalam meningkatkan omzet penjualan produk, entah produk barang (offline dan online), jasa dan layanan, maupun bentuk produk lainnya.
Mempertimbangkan di zaman modern sekarang yang banjir dengan berbagai platform media sosial, berikut ini cara meningkatkan penjualan yang efektif menggunakan database pelanggan yang sudah berhasil dikumpulkan.
Namun sebelum itu, perlu perusahaan pahami bahwa dalam mengumpulkan database merupakan langkah awal yang penting. Data pelanggan adalah aset penting, terutama untuk keberlanjutan bisnis online.
Umumnya, perusahaan mengumpulkan data pelanggan dengan formulir pendaftaran, survei (online maupun offline), wawancara (langsung maupun tidak langsung), social media insight, dan analitik situs web.
Guna meningkatkan penjualan dengan memanfaatkan database pelanggan yang berhasil dikumpulkan, pertama-tama menggunakan branding untuk menguatkan posisi perusahaan.
Semakin banyak media sosial, brand yang “kuat” dan “punya nama” memiliki kesempatan yang lebih besar untuk tetap berkembang.
Contoh branding marketing yang sukses, saat masyarakat berbicara tentang pompa air, yang terlintas adalah Sanyo. Atau saat masyarakat berbicara tentang air mineral, yang terlintas adalah Aqua.
Meski seiring berjalannya waktu ada produk dari brand baru untuk pompa dan air meneral yang keluar, posisi keduanya masih kuat.
Kedua, untuk menjangkau pasar yang lebih luas, otomatis setiap perusahaan membutuhkan tindakan promosi yang efektif.
Promosi gratis dengan memanfaatkan media sosial adalah pilihan yang affordable, tertarget, dan mendapat insight pengguna.
Seringkali sebuah perusahaan memiliki tim media sosialnya sendiri. Hal tersebut membuthukan lebih banyak sumber daya manusia kompeten dan telaten untuk menjalin interaksi dengan konsumen.
Jika komunikasi tersebut terjalin, konsumen merasa dekat dengan brand yang mana memberi dampak baik terhadap penjualan dan marketing.
Cara meningkatkan penjualan berikutnya dapat dilakukan dengan event khusus dan promo diskon berbatas waktu, mengapa kedua hal ini sangat penting?
Memberi informasi atau berita terbaru tentang event yang berhasil diselenggarakan, membentuk citra bahwa perusahaan aktif.
Sedangkan diskon yang berbatas waktu, meningkatkan konsumen melakukan Call To Action (CTA) ke saluran yang perusahaan kehendaki.
Kuncinya pada batas waktu tersebut, misalnya dengan memanfaatkan countdown agar konsumen segera melakukan action.
Kendala dalam Memanfaatkan Database Pelanggan dalam Meningkatkan Penjualan
Berdasarkan penerapan nyata, kendala niscaya ada dan mustahil dihindari. Kendala yang sering ditemui pelaku bisnis antara lain: branding marketing tidak efektif di semua platform media perusahaan, kurangnya sumber daya manusia untuk handle satu per satu platform secara bersamaan. Hingga eksekusi event dan promo yang kurang optimal di setiap media perusahaan.
Guna mengatasi kendala dan mencapai goal meningkatkan penjualan, perlu adanya inovasi modern, dan yang dianggap paling “layak” adalah omnichannel. Pasalnya, omnichannel merupakan strategi yang benar-benar memanfaatkan database pelanggan secara efektif di satu platform.
Secara definitif, omnichannel adalah strategi menghubungkan semua interaksi di media perusahaan untuk mengarah ke dalam satu platform. Misalnya sebuah perusahaan memiliki media seperti Facebook, Instagram, Tiktok, Youtube, website, dan aplikasi berbasis web.
Perusahaan tersebut ingin meningkatkan penjualan produk mereka dengan closing melalui satu platform, WhatsApp Business misalnya.
Kehadiran OmniX sebagai strategi marketing yang dikembangkan oleh Infomedia adalah solusinya. Ini memiliki fungsi utama meliputi: marketing, sales, service, survei, analisis, dan artificial intelligence.
CRM Infomedia dengan semua fitur OmniX tersebut tentunya memberi kemudahan baik dari sisi perusahaan maupun konsumen dalam satu platform secara efektif.
Cara meningkatkan penjualan dengan memanfaatkan database yang mengarah ke satu platform dengan strategi omnichannel tidak hanya memudahkan, tetapi juga membawa ke arah lebih baik.